Pengamat: Partai yang Menang di Jabar bisa Menang Pemilu Nasional

0
Diposting oleh Unknown on 30 Agustus 2013

PKS JAKARTA – Pengamat Politik dari Indobarometer M. Qodari mengatakan bahwa partai yang memenangi Pemilukada di Jawa Barat bisa memenangi Pemilu secara nasional. Hal ini dikatakan Qodari dalam acara Apa Kabar Indonesia Malam di stasiun TV One, Kamis (29/8) malam.

” Ada yang mengatakan bagini, siapa (partai-red) yang menang di Jawa Barat bisa menang Pemilu nasional,” ujar Qodari.

Menurut Qodari kemenangan PKS di Jawa Barat dan Sumatra Utara tidak sepenuhnya bisa menjadi gambaran nasional, walaupun itu masih bergantung pada persfektifnya.

” Tahun 1999 yang menang di Jawa Barat adalah PDIP dan yang menang Pemilu nasional juga PDIP. Kemudian 2004 yang menang Golkar lalu kemudian 2009 Demokrat,” katanya.

Dia mengatakan memang suara pemilih yang ada di Jawa Barat adalah yang terbesar di Indonesia, namun jumlah suara yang ada di Jawa Barat sendiri hanya kurang dari 20 persen dari total jumlah pemilih di seluruh Indonesia.

” Tapi mungkin poinnya adalah bahwa ditengah badai atau ditengah langit runtuh menurut istilah saya, PKS masih bisa menang di Jawa Barat dan Sumatra Utara,” ungkapnya.

Hal ini menurut Qodari bisa menjadi modal kepercayaan diri bagi PKS bahwa dengan adanya badai tersebut PKS belum ‘game over’ atau skak mat. Cuma mungkin apa yang dilakukan PKS sekarang ini untuk recovery dan menghadapi situasi diperlukan dosis dan volume kegiatan yang lebih besar lagi,” katanya.

Menurut Qodari beberapa hari yang lalu di salah satu harian besar di Indonesia ada hasil survei litbang-nya yang menunjukan bahwa postur PKS masih belum mencapai apa yang diharapkan.

” Kita bandingkan saja lah misalnya ada satu partai yang 2009 itu perolehannya dibawah PKS tapi sekarang diatas. Memang partai tersebut beruntung karena ada figur dan ada logistik yang kuat dan tidak ada persoalan. Tapi itu mengindikasikan bahwa PKS memang harus melakukan lebih banyak hal, apalagi kalau kita berbicara pemilu legislatif kan dihitung dari sekarang itu praktis cuma sekiat 8 bulan tidak terlalu lama lagi. Nah itu memang yang menjadi PR bagi PKS,” katanya.

Qodari memprediksikan PKS bisa lolos Parlementary Treshold (PT), namun apakah masih tetap bertahan di nomor empat atau naik ke peringkat 2 atau tiga masih berat karena PKS masih harus menegakkan benang basah.

Program Apa Kabar Indonesia Malam ini juga menghadirkan Presiden PKS Anis Matta sebagai salah seorang narasumbernya.

Anis Matta mengatakan bahwa dirinya belum kepikiran untuk mencalonkan diri sebagai calon Presiden karena yang ada dibenaknya saat ini adalah bagaimana caranya memenangkan PKS di tengah badai ini.

” Saya seperti menegakkan benang basah, gimana caranya menegakkan benang basah tersebut, saya hanya memikirkan bagaimana caranya memenangkan PKS ditengah badai ini,” kata Anis. [dm/pksnongsa.org]
Note: Berita ini dimuat sesaat setelah menyaksikan Program AKI Malam di TV One.

Sumber http://pks-jakarta.or.id/pengamat-partai-yang-menang-di-jabar-bisa-menang-pemilu-nasional/

Share This Post

0 komentar:

Posting Komentar