1. #khawarij, sepanjang sejarah islam, benar-benar kontroversial & sangat menarik untuk dikaji. mengapa? karena mereka unik
2. nabi menyebut shalat & puasa mereka sangat teguh, bahkan bisa jadi lebih baik dari para sahabat. #khawarij
3. bahkan di kening Ibnu Muljam, salah 1 pentolan #khawarij, terdapat bekas kecoklatan sebab banyak dan seringnya ia bersujud
4. tapi di saat bersamaan, nabi menyebut diin mereka terlepas seperti lepasnya anak panah dari busurnya. #khawarij
5. bacaan Quran mereka juga bagus, kata nabi. tapi tak sampai melewati tenggorokan mereka. #khawarij
6. di kesempatan lain, nabi menyebut mereka dengan sebutan lebih parah: kilaabun naar. anjing2 neraka. #khawarij
7. cermati 2 paradoks ini: orang2 dengan ibadah luar biasa tapi miliki diin yang terlepas dari dirinya. statusnya: anjing2 neraka. #khawarij
8. tanda-tanda munculnya #khawarij sebenarnya telah tampak saat nabi masih hidup.
9. pembagian ghanimah yang nabi lakukan sekilas memang tampak timpang. tak adil. #khawarij
10. mungkin sama seperti yang dirasakan sahabat anshar ba’da Hunain. #khawarij
11. tapi reaksinya yg membedakan. bila sahabat Anshar akhirnya ridho pada keputusan nabi, lain halnya dengan mereka. #khawarij
12. tersebut nama Dzul Khuwaisirah, yang lantang menyebut nabi tak adil dalam membagi ghanimah. #khawarij 13. saat itu, Umar bin Khaththab telah ambil ancang-ancang utk bunuh Dzul Khuwaisirah. tapi dicegah oleh nabi. #khawarij
14. padahal, yg dilakukan Dzul Khuwaisirah telah memenuhi kriteria “layak bunuh” yang jadi sebab turunnya QS 4:65. #khawarij
15. maka nabi pun menyebut sebuah hadis yang diriwayatkan oleh imam Bukhari & Muslim seperti yang diceritakan di awal twit ini. #khawarij
16. selang beberapa waktu & generasi kepemimpinan, gerakan ini ternyata tak padam. #khawarij menemukan momentumnya di saat peristiwa tahkim.
17. tahkim adl peristiwa “perjanjian damai” antara Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah yg sah dg Muawiyah, gubernur Syiria yg berontak. #khawarij
18. Muawiyah berontak diduga sebab ketidakpuasannya terhadap sikap pemerintah tentang peristiwa terbunuhnya Utsman bin Affan. #khawarij
19. Ali sesungguhnya sudah mencoba kirimkan juru rundingnya terkait ketidakpuasan Muawiyah ini. #khawarij
20. tapi apa boleh buat, perundingan gagal. perang Shiffin meletus. #khawarij
21. di tengah perang, saat kondisi terdesak, Amr bin Ash mengusulkan rencana cukup jitu untuk balikkan keadaan. #khawarij
22. ia usul agar pasukan Muawiyah gantungkan mushaf di ujung tombak2 mereka sebagai tanda bahwa mereka hendak ber-tahkim. #khawarij
23. singkat cerita, diterimalah usul tersebut . perundingan diselenggarakan. “perjanjian damai” inilah yang disebut dengan tahkim. #khawarij
24. rupanya, ada beberapa pihak yang tak terima dengan jalan tengah yg diambil khalifah ini. mereka adalah orang2 #khawarij
25. setelah perundingan, Ali berbalik pulang dari Shiffin menuju Kufah. #khawarij menolak turut serta. mereka tuduh Ali langgar hukum Allah.
26. berjumlah 12000 pasukan, kaum #khawarij akhirnya singgah di Haura’.
27. di sinilah pertama kali #khawarij menyusun organisasi rapi yg dipimpin Abdullah bin Wahab ar Rasibi. mereka dikenal dg nama al Haruriyah.
28. tapi meski kabar rencana peperangan #khawarij pada Ali telah sampai ke telinga Ali, beliau tetap tenang.
29. sembari berkata, “aku tak akan perangi mereka sehingga mereka memerangiku.” #khawarij
30. mengapa #khawarij memilih berpisah dari Ali? ada 3 alasan yang akan dijelaskan nanti.
31. salah 1 tuntutan terkenal #khawarij pada khalifah adl, “inil hukmu illaa lilaah. hukum itu hanya milik Allah.” (QS 6:57)
32. atas dasar inilah kemudian banyak orang secara serampangan menuduh orang yang berusaha menegakkan hukum Islam sebagai #khawarij
33. padahal, bila kita mau teliti buku-buku sejarah, ada hal penting yang perlu kita ketahui di sana. #khawarij
34. Ibnu Abbas, sahabat nabi yg nabi doakan kefaqihan atas dirinya, menjelaskan pada kita tentang hal penting ini. #khawarij
35. didatanginya gerombolan #khawarij itu. beliau menantang debat.
36. pada Ibnu Abbas, #khawarij ungkapkan 3 alasan perangi Ali.
37. #1, Ali mengangkat beberapa orang sebagai pembuat keputusan hukum dalam urusan Allah. padahal Allah telah berfirman dg QS 6:57. #khawarij
38. #2, Ali & pasukannya berperang dan membunuh; tapi tak mau ambil ghanimah & tawanan perang. #khawarij
39. “kalau memang mereka adl mu’minin,” kata #khawarij, “lalu mengapa kami diperbolehkan perang tapi tak diperbolehkan menawan mereka?”
40. #3, Ali hapus titel “amirul mu’minin” dari dirinya. “sebab jika ia bkn amirul mu’minin,” kata #khawarij, “tentu ia adl amirul kaafirin.”
41. tuntutan ini kemudian dijawab satu persatu oleh Ibn Abbas. #khawarij
42. #1, Allah pun ternyata telah menyatakan bahwa Ia menyerahkan putusan hukumNya (di dunia) pada beberapa orang. #khawarij
43. di QS 5:95, Allah serahkan putusan hukumNya pada beberapa orang untuk bayar 4 dirham sebagai ganti pembayaran seekor kelinci. #khawarij
44. di QS 4:35, Allah serahkan penyelesaian sengketa suami-istri dengan masing2 seorang hakim dari pihak laki2 dan perempuan. #khawarij
45. tegaknya hujjah di hadapan #khawarij ini ternyata tak buat mereka kembali pada jalan yg benar.
46. dengan percaya diri, mereka berkata, “yang benar adalah pendapat kami.” #khawarij
47. Ibnu Abbas menjawab dengan simpel, “kalau begitu, permasalahannya sudah menyimpang.” #khawarij
48. #2, Ibnu Abbas bertanya, “lalu apakah kalian hendak menawan ibu kalian, Aisyah? padahal Allah telah berfirman dlm QS 33:6″ #khawarij
49. “sungguh,” kata Ibnu Abbas, “bila kalian berkata, ‘ia bukan ibu kami’, berarti kalian telah keluar dari Islam.” #khawarij
50. #3, terkait pelepasan gelar, rasul pun ternyata juga pernah melepas gelarnya, sama seperti Ali.#khawarij
51. dalam perjanjian Hudaibiyah, tertulis bahwa pakta tsb adalah kesepakatan antara Muhammad bin Abdullah dengan orang2 musyrik. #khawarij
52. dan kebetulan, penulis perjanjian tersebut adalah Ali bin Abi Thalib. #khawarij
53. selain cacat dalam berargumen, seruan #khawarij ini ternyata kadang berbanding terbalik dengan akhlaq mereka sendiri.
54. ada 4 peristiwa terkenal yang bisa kita cermati. #khawarij
55. #1, alkisah, di tengah perjalanan, mereka bertemu Abdullah bin Khabbab yang pernah mendengar suatu hadis yang bicara tentang #khawarij
56. #khawarij bertanya, “benarkah kau dengar yang seperti ini dari ayahmu, bahwa itu benar datang dari rasulillah?”
57. “benar,” jawab Abdullah bin Khabbab. #khawarij
58. seketika mereka menyeret Abdullah bin Khabbab ke pinggir sungai dan memenggal lehernya di sana. #khawarij
59. tak ketinggalan, #khawarij juga belah perut istri Abdullah yg sedang mengandung anaknya.
60. #2, berikutnya, mereka singgah di sebuah kebun kurma di daerah Nahrawan. kebetulan, ada sebutir kurma yang terjatuh dari pohonnya. #khawarij
61. salah seorang dari mereka memungutnya dan hendak memakannya. sayangnya, kawannya tak kalah sigap mengingatkan. #khawarij
62. “kau ambil kurma itu tanpa haqnya & juga belum membayarnya,” kata sang kawan. #khawarij
63. lantas diambil dan dibuanglah kurma itu. karena tak terima, seorang #khawarij ini kemudian membunuh kawannya sendiri.
64. jasad sang kawan akhirnya diberikan pada seekor babi milik seorang Ahlu adz Dzimmah. #khawarij
65. kemudian si pembunuh berkata, “orang seperti ini (yg mencegah si pembunuh memakan kurma) adalah kerusakan di muka bumi. #khawarij
66. lucu kan? pelaku nahi munkar justru disebut sebagai “kerusakan di muka bumi”. #khawarij
67. #3, ungkap takfir mereka sangat terkenal; yg menunjukkan bahwa orang2 yg berseberangan/di luar mereka adl orang kafir. #khawarij
68. “yg miliki pikiran berseberangan dg kami adl musyrik. yg melakukan dosa besar juga musyrik. yg tak mau gabung dg kami adl kafir.” #khawarij
69. #4, riwayat menonjol mereka di masa salaf berpuncak saat mereka berkonspirasi bunuh orang2 yg terlibat dlm tahkim. #khawarij
70. Abdurrahman bin Muljam, al Barak bin Abdullah, & Amr bin Bakr berkumpul di Makkah dan buat kesepakatan bersama. #khawarij
71. isi kesepakatan: Ibnu Muljam bunuh Ali; al Barak bunuh Muawiyah; Amr bin Bakr bunuh Amr bin Ash. #khawarij
72. Ibnul Jauzi berkata, berbagai bentuk kekerasan & trauma sejarah inilah yg kemudian membidani munculnya Mu’tazilah. #khawarij
73. Mu’tazilah terdiri dari berbagai paham & sekte. intinya, mereka menyerahkan ukuran baik/buruk pada akal mereka semata. #khawarij
74. konsep umumnya sama dengan #khawarij: akal buruk yang diperturutkan. tapi sampulnya berbeda.
75. #khawarij dikenal keras dalam berislam, sementara Mu’tazilah sebaliknya.
76. overall, ada beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari #khawarij.
77. #1, anggapan bahwa hukum Allah tak memerlukan hakim yg mewakili Allah dlm menegakkan hukumNya adalah salah. #khawarij
78. mereka tak ubahnya seperti kaum #khawarij yang sifatnya tersirat dlm poin #1 berdebatan mereka dengan Ibn Abbas.
79. dalam bentuk yg lebih modern, “biarlah Allah yg menilai”, “manusia tak berhak menghukumi perbuatannya”, dll. #khawarij
80. biasanya, argumen “penyerahan pada tuhan” ini disampaikan oleh mereka yang mengaku berpikir liberal. #khawarij
81. tapi tak menutup kemungkinan disampaikan pula oleh orang lain. #khawarij
82. #2, semangat dlm beribadah saja tak cukup mengantarkan kita ke surga. Allah juga menghendaki hambaNya cermat dlm berilmu. #khawarij
83. rumusan mudahnya, ilmu, amal, da’wah. itu dijalankan secara berurutan. #khawarij
84. supaya tak terjebak dengan argumen dangkal semacam penolakan tahkim sebab QS 6:57, atau hal2 lainnya. #khawarij
85. tapi juga jangan sampai menjadikan kita begitu sibuk pada ilmu tanpa mengamalkannya. keduanya harus tetap seimbang. #khawarij
86. #3, akhlaq kita pada para sahabat tetap harus dijaga. mereka memang pernah salah & bukan orang yg ma’shum. #khawarij
87. yg salah kita katakan salah. tapi tentu tak layak bersikap berlebihan thd mereka yg berjasa begitu besar dlm da’wah Islam. #khawarij
88. sekedar referensi, ternyata masih ada orang yang menurut saya cukup adil dalam bersikap pada para sahabat. #khawarij
89. ia mampu tunjukkan kesalahan sahabat tanpa kehilangan rasa hormatnya pada mereka. #khawarij
90. namanya Abul A’la al Maududi. ulasan lengkapnya bisa dibaca dlm al Khilafah wal Mulk. #khawarij
91. #4, teori butterfly effect berlaku juga di sini. kesesatan #khawarij tak hanya lahirkan keburukan bagi diri mereka sendiri.
92. tapi juga lahirkan kesesatan lain yang dilakukan pihak lain. dalam hal ini, kesesatan lain itu bernama Mu’tazilah. #khawarij
93. #5, seperti Fir’aun (QS 40:29), #khawarij pun memandang perbuatan mereka sbg sebuah kebaikan. tapi keyakinan mereka jelas menyimpang.
94. meski begitu, #khawarij tak berargumen dg dalil2 kebebasan berpendapat. sebab mereka tau bahwa kebenaran ada dlm quran dan sunnah.
95. kesalahan fatal dlm memahami teks Quran dan Sunnah-lah yg kemudian jadikan mereka terjerumus dlm jurang kesesatan. #khawarij
96. #6, jangan sebut pelaku nahi munkar sebagai “pelaku kerusakan di muka bumi”. argumen ini mirip dengan argumen kaum #khawarij
97. #7, jangan mudah berikan cap kafir pada orang lain. temukan dahulu nash yg berkata demikian. Allah yg berhak tentukan cap kekafiran. #khawarij
98. selalu berpijaklah pada dalil. selalu berpegang teguhlah pada Quran dan Sunnah dalam bersikap. #khawarij
99. sekian tweeps, bila ada yang hendak menambahkan, saya persilakan. :)
100. maraji’: Talbis Iblis by Ibnil Jauzi; Tarikh Khulafa‘ by Imam as Suyuthi; Dirasatul Firaq by Tim Ulin Nuha Ma’had Aly an Nuur
sumber: @rezasyam
0 komentar:
Posting Komentar